tag:blogger.com,1999:blog-81655900436273602402024-03-08T04:04:12.847-08:00SERIBU PENA EMASawalnya blog ini dibuat hanya untuk melengkapi tugas TIK. Tapi lama-lama niatnya berubah....
hehewydha septiahttp://www.blogger.com/profile/11969581266492444501noreply@blogger.comBlogger6125tag:blogger.com,1999:blog-8165590043627360240.post-64508247761540450092011-09-06T04:05:00.000-07:002011-10-08T18:44:56.238-07:00SEKELUMIT CERITA MENGENAI PENGALAMAN LIBUR LEBARAN 2011<div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Emm, mungkin ini hanya sekelumit cerita saya mengenai pengalaman libur lebaran 2011. Karena keterbatasan waktu dan tempat (opo ae?), jadi jangan kecewa ya kalau saya hanya menulis sedikit dan insyaAllah akan saya perbaiki di lain kesempatan (*pede gila).</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><br />
</div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Part 1 : bingung kapan lebaran ya?</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Perbedaan antara keputusan pemerintah dan keyakinan beberapa ormas Islam mengenai pelaksanaan Hari raya Idul Fitri membuat saya bingung. Walaupun begitu saya memutuskan untuk mengikuti keputusan pemerintah. Huft, saat mendengar Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011 saya merasa kecewa tapi senang. Kecewa karena tetangga saya juga sudah banyak yang melakukan takbir dan tidak melakukan ibadah puasa bersama lagi keesokan harinya. Senang karena saya masih bisa sedikit agak lama bersama bulan Ramadhan di tahun ini (lho?).</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><br />
</div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Part 2 : silaturrahim asoy</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Rabu, 31 Agustus 2011</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Setelah melaksanakan sholat Ied di masjid dekat rumah, semua warga di kampung saya menuju depan rumah masing-masing. Kami semua bersalaman dan saling meminta maaf sambil berjalan dari arah barat ke timur (kebetulan rumah saya berada pada ujung sebelah barat, jadi yaaahh jauh juga). Setelah itu saya menju rumah saudara saya yang ada di kota malang.</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><br />
</div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Part 3: perjalanan yang melelahkan </span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Kamis, 1 September 2011</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Jam 5 pagi, bersiap meluncur ke trenggalek. Di perjalanan, saya menghabiskan waktu untuk beristirahat (baca:tidur nyenyak).Hanya sekitar 8 jam di Trenggalek, sudah cukup mengobati rasa rindu saya kepada saudara saya disana(cie..cie). Jam 4 sore, back to Malang dan maceeeeeeeeeeeeetttttttttt gila.</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><br />
</div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Part 4: down to earth (baca: kembali ke desa)</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Jumat, 2 September 2011 </span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Jam 8 pagi, menuju Gondanglegi. Sesampainya disana acara saya adalah: sungkeman, bersilaturahim, dan bermaafan (maklum, lebaran kan identik dengan acara begituan). Oh ya, bayangkan di setiap rumah saya disuruh makan, padahal perut sudah sangat kenyang. Hadehhh.... tapi hati terasa sangat bahagia saat bertemu saudara-saudara. ^_^</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><br />
</div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Part 5 : pengacara (pengangguran banyak acara)</span></div><div style="color: red;"></div><div class="MsoNormal" style="color: red; line-height: 150%;"><span lang="IN" style="font-size: 14pt; line-height: 150%;">Huah, akhirnya bisa istirahat dengan tenang di “my sweet home” (ethes). Walaupun di rumah belum bisa istirahat sepenuhnya karena masih buuuuanyak tamu. Di rumah, juga malah inget banyak tugas yang belum diselesaikan. Haduh, ampun dehhh..... T.T</span></div><div style="color: red;"></div><div style="color: red;"><br />
</div>wydha septiahttp://www.blogger.com/profile/11969581266492444501noreply@blogger.com5tag:blogger.com,1999:blog-8165590043627360240.post-46653572449413290012011-09-06T03:22:00.000-07:002011-10-08T18:48:14.387-07:00RANGKUMAN MATERI TIK KELAS XII SMT 1 part 1<div align="center" class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-align: center;"><b><span style="color: red; font-size: 20pt; line-height: 150%;">RANGKUMAN MATERI TIK KELAS XII SMT 1</span></b></div><div align="center" class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-align: center;"><span style="color: red; font-size: 20pt; line-height: 150%;"> part 1</span></div><div align="center" class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-align: center;"><span style="color: red; font-size: 20pt; line-height: 150%;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Pengertian Jaringan Komputer</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 36pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">Sekelompok hardware seperti PC, Printer, dan peralatan lain yang terhubung satu sama lain dan masing-masing terjadi interaksi komunikasi.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Konfigurasi Jaringan</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 36pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 36pt;"><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">1. Peer-to-Peer</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 36pt; text-indent: 36pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">Konfigurasi ini biasanya melibatkan kurang dari 10 komputer (station).</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> <span style="color: #339966;">2. Client/Server</span></span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 36pt; text-indent: 36pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">Konfigurasi client/server lebih cocok untuk jaringan skala besar.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Jenis Jaringan Berdasar Letak</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt; text-indent: -18pt;"><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">1.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-size-adjust: none; font-size: 7pt; font-stretch: normal; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; line-height: normal;"> </span></span><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">LAN (Local Area Network)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">Suatu sistem yang menghubungkan komputer dan peralatan lain bersama-sama dalam sebuah jaringan yang tidak luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> Jarak 10 m s/d 2 Km</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> Kecepatan Transmisi : 10 s/d 100 Mbps</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt; text-indent: -18pt;"><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">2.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-size-adjust: none; font-size: 7pt; font-stretch: normal; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; line-height: normal;"> </span></span><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">MAN (Metropolitan Area Network)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">MAN adalah sistem jaringan yang memiliki radius pelayanan terbatas pada sebuah kota atau propinsi.Umumnya MAN menggunakan medium gelombang elektromagnetik (wireless).</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> Jarak 10 Km s/d 100 Km</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt; text-indent: -18pt;"><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">3.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-size-adjust: none; font-size: 7pt; font-stretch: normal; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; line-height: normal;"> </span></span><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">WAN (Wide Area Network)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">Suatu sistem jaringan yang menghubungkan jaringan antar negara atau benua. Biasanya menggunakan satelit atau kabel bawah laut</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> Jarak > 100 Km</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> Kecepatan Transmisi 64 kbps</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">(kilobitpersecond)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Jenis Jaringan Berdasar Media Transmisi</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> 1. Jenis Jaringan Kabel, contoh : LAN</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">2. Jenis Wireless (nirkabel)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># WLAN (Wireless Local Area Network)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 36pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">Prinsipnya sama dengan LAN, tetapi modium tranformasi data berbeda. Jika LAN menggunakan medium kabel, tetapi WLAN menggunakan medium gelombang elektromagnetik.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Wireless</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> <span style="color: #339966;">KEUNGGULAN :</span></span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">1. MOBILITAS</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">2. KECEPATAN INSTALASI</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">3. FLEKSIBILITAS TEMPAT</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">4. PENGURANGAN ANGGARAN BIAYA</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">5. JANGKAUAN LUAS</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 54pt; text-indent: 18pt;"><span style="color: #339966; font-size: 16pt; line-height: 150%;">KELEMAHAN :</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">1. Transmit data 1 2 Mbps</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">2. Alatnya Mahal</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">3. Propagansi radio (interferensi gelombang)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">4. Kapasitas jaringan terbatas</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">5. Keamanan data kurang terjamin</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">6. Intermittence (sinyal putus-putus)</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Internet</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 36pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">Sebuah sistem jaringan global, yaitu jaringan komputer seluruh dunia yang melibatkan berbagai infrastruktur jaringan seperti DNS Server, Web server, E-Mail Server, dan lain-lain</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Intranet</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> Intranet adalah miniatur jaringan internet yang biasanya berorientasi pada sebuah</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;">jaringan lokal suatu kantor atau gedung.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt; text-indent: 18pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="color: #993366; font-size: 16pt; line-height: 150%;"># Extranet</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 18pt;"><span style="font-size: 16pt; line-height: 150%;"> Extranet memiliki skala lebih luas dibandigkan intranet. Extranet biasanya diterapkan untuk perusahaan-perusahaan besar yang memiliki gedung atau cabang- cabang yang berjauhan atau kolaborasi beberapa perusahaan yang berbeda.</span></div>wydha septiahttp://www.blogger.com/profile/11969581266492444501noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8165590043627360240.post-21981889909492647692011-07-17T00:58:00.005-07:002011-10-08T18:50:11.614-07:00MATERI FISIKA KELAS 12 SMA BAB GELOMBANG<div align="CENTER" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: medium;"><u><b>GELOMBANG MEKANIS</b></u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u><b>PENGERTIAN GELOMBANG.</b></u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Gejala mengenai gerak gelombang banyak kita jumpai sehari-hari. Kita tentu mengenal gelombang yang dihasilkan oleh sebuah benda yang dijatuhkan ke dalam air, sebab hal itu mudah kita amati.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Di dalam perambatannya ada gelombang yang memerlukan medium perantara, misalnya gelombang air, gelombang bunyi. Tetapi ada juga yang tidak memerlukan medium perantara, misalnya gelombang cahaya dan gelombang elektromagnet.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Di dalam bab ini dibahas hanyalah gelombang di dalam medium yang lenting yang disebut : </span><span style="font-size: small;"><i><b>Gelombang Mekanis.</b></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Karena sifat kelentingan dari medium maka gangguan keseimbangan ini dirambatkan ketitik lainnya.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi gelombang adalah usikan yang merambat dan gelombang yang bergerak akan merambatkan energi (tenaga).</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sifat umum gelombang , antara lain :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">a. dapat dipantulkan (refleksi)</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">b. dapat dibiaskan (refraksi)</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">c. dapat dipadukan (interferensi)</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">d. dapat dilenturkan (defraksi)</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">e. dapat dipolarisasikan (diserap arah getarnya)</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Berdasarkan arah getaran partikel terhadap arah perambatan gelombang dapat dibedakan menjadi </span><span style="font-size: small;"><i><b>Gelombang Transversal </b></i></span><span style="font-size: small;"> dan </span><span style="font-size: small;"><i><b>Gelombang Longitudinal.</b></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><b>Gelombang Transversal </b></i></span><span style="font-size: small;">ialah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus pada arah getaran partikel.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">misalnya : gelombang pada tali, gelombang permukaan air, gelombang elektromagnetik.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><b>Gelombang Longitudinal</b></i></span><span style="font-size: small;"> ialah gelombang yang arah perambatannya searah dengan arah getaran partikel.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">misalnya : gelombang pada pegas, gelombang bunyi.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u>PANJANG GELOMBANG</u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Bila sebuah partikel yang bergetar menggetarkan partikel-partikel lain yang berada disekitarnya, berarti getaran itu merambat. Getaran yang merambat disebut </span><span style="font-size: small;"><i><b>Gelombang Berjalan</b></i></span><span style="font-size: small;"><b>.</b></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jarak yang ditempuh getaran dalam satu periode disebut </span><span style="font-size: small;"><i><b>Panjang Gelombang ( </b></i></span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"><i><b></b></i></span></span><span style="font-size: small;"><i><b> )</b></i></span><span style="font-size: small;"><i>.</i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Untuk lebih jelasnya lihat animasi di WWW.Stevanus_fisika.homestead.com</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Bila cepat rambat gelombang V dan periode getarannya T maka :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u>PERSAMAAN GELOMBANG BERJALAN</u></span><span style="font-size: small;"><u>.</u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dari titik P merambat getaran yang amplitudonya A, periodenya T dan cepat rambat getarannya v. Bila titik P telah bergetar t detik, simpangannya :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dari P ke Q yang jaraknya x getaran memerlukan </span><span style="font-size: small;">detik, jadi ketika P telah bergetar t detik, titik Q baru bergetar </span><span style="font-size: small;">detik. Simpangan Q saat itu :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi persamaan gelombang berjalan adalah :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Perbedaan phase antara titik P dan Q adalah :</span></div><div align="CENTER" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Bila getaran itu merambat dari kanan ke kiri dan P telah bergetar t detik, maka simpangan titik Q :</span></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u><b>PEMANTULAN GELOMBANG BERJALAN</b></u></span><span style="font-size: small;"><u><b>.</b></u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Titik P digerakkan ke atas dan kembali ke titik seimbang. karenanya dari P merambat gunung gelombang menuju Q. Bila Q ujung terikat, ternyata yang dipantulkan adalah lembah gelombang.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi oleh ujung terikat gunung gelombang dipantulkan sebagai lembah gelombang, phase gelombang terpantul berupa setengah. Tetapi bila Q ujung yang bebas, yang dipantulkan adalah gunung gelombang.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Kesimpulan : Pada ujung terikat phase gelombang terpantul berubah </span><span style="font-size: small;">, sedangkan pada pemantulan diujung bebas phase gelombang terpantul tidak berubah.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u><b>PERSAMAAN GELOMBANG STASIONER.</b></u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Pada proses pantulan gelombang, terjadi gelombang pantul yang mempunyai amplitudo dan frekwensi yang sama dengan gelombang datangnya, hanya saja arah rambatannya yang berlawanan. hasil interferensi (perpaduan) dari kedua gelombang tersebut disebut </span><span style="font-size: small;"><i><b>Gelombang Stasioner Atau Gelombang Diam.</b></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u>PADA UJUNG BEBAS</u></span><span style="font-size: small;"><u>.</u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Selisih phase gelombang datang dan gelombang pantul di ujung bebas adalah 0, jadi </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><span style="font-size: small;"> = 0</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Ini berarti bahwa phase gelombang datang sama dengan phase gelombang pantul. Jika L adalah panjang tali dan x adalah jarak titik C yang teramati terhadap titik pantul pada ujung bebas, yaitu titik B. Jika A digetarkan, maka persamaan simpangan di A adalah</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Titik C yang berjarak x dari ujung bebas B, mengalami getaran gelombang dari :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Gelombang datang : yaitu apabila A telah bergetar t detik, maka tentulah C menggetar kurang dari t detik, selisih waktu tersebut adalah sebesar </span><span style="font-size: small;">, sehingga </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">dan persamaan di C menjadi :</span></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"><span style="font-size: small;">sebab v . T = </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Gelombang pantul : Rambatan gelombang telah menempuh jarak L + x, sehingga beda waktunya menjadi </span><span style="font-size: small;"> detik, maka </span><span style="font-size: small;">detik.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Maka persamaan simpangan di C menjadi :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Hasil superposisi kedua gelombang adalah : y</span><sub><span style="font-size: small;">C</span></sub><span style="font-size: small;"> = y</span><sub><span style="font-size: small;">C1</span></sub><span style="font-size: small;"> + y</span><sub><span style="font-size: small;">C2</span></sub><span style="font-size: small;"> jadi :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Persamaan di atas dapat dianggap sebagai persamaan getaran selaras dengan amplitudo </span><span style="font-size: small;"> dan tergantung dari tempat titik yang diamati. Dari ungkapan </span><span style="font-size: small;">sebagai amplitudo tidak tergantung dari pada waktu. Oleh karena pada simpul nilai amplitudo adalah nol dan lagi tidak merupakan fungsi dari pada waktu (t), maka :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"><span style="font-size: small;">= 0 sehingga :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dengan ungkapan ini terbuktilah , bahwa jarak simpul ke titik pantul bebas adalah : </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jarak antara dua simpul berturutan adalah : </span> </div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" lang="" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Tempat-tempat yang menyatakan perut mempunyai harga amplitudo yang maksimal, </span> </div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">jadi :</span></div><div align="JUSTIFY" lang="" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" lang="" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi terbukti pula, bahwa jarak perut ke titik pantul bebas adalah bilangan genap kali </span><span style="font-size: small;">panjang gelombang atau </span><span style="font-size: small;"> .</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u><b>UJUNG TERIKAT (UJUNG TETAP)</b></u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dititik pantul yang tetap gelombang datang dan gelombang pantul berselisih phase</span><span style="font-size: small;">, atau gelombang pantul berlawanan dengan phase gelombang datang </span><span style="font-size: small;">. datang Jadi A digetarkan transversal maka </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jika titik C yang kita amati, maka bagi gelombang yang datang dari kiri (gelombang datang) waktu menggetarnya C, yaitu t</span><sub><span style="font-size: small;">C</span></sub><span style="font-size: small;"> terhadap waktu menggetarnya A, yaitu t</span><sub><span style="font-size: small;">A</span></sub><span style="font-size: small;"> = t detik berbeda </span><span style="font-size: small;"> detik, sehingga </span><span style="font-size: small;">. Jadi :</span></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Bagi gelombang pantul yang datang dari kanan waktu getar C berselisih </span><span style="font-size: small;"> detik dan fasenya berselisih </span><span style="font-size: small;">, atau </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><span style="font-size: small;">, </span> </div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">sehingga :</span></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Maka hasil superposisi gelombang datang dan gelombang pantul oleh ujung terikat adalah :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">y</span><sub><span style="font-size: small;">C</span></sub><span style="font-size: small;"> = y</span><sub><span style="font-size: small;">C1</span></sub><span style="font-size: small;"> + y</span><sub><span style="font-size: small;">C2 </span></sub> </div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Ungkapan ini dapat diartikan sebagai persamaan getaran selaras dengan amplitudo </span> </div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">, yang ternyata tak tergantung pada t, oleh karena itu simpul mempunyai amplitudo 0 (nol) dan tidak tergantung dari pada waktu (t), maka untuk :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi terbukti pula, bahwa jarak simpul ke titik pantul tetap adalah bilangan genap kali </span><span style="font-size: small;">panjang gelombang atau </span><span style="font-size: small;"> jarak antara dua simpul berturutan adalah : </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Tempat perut menunjukkan simpangan yang maksimal, jadi :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 3.81cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 3.81cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 3.81cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 3.81cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 3.81cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Disini terlihat pula, bahwa jarak perut ke titik pantul tetap adalah bilangan ganjil kali </span><span style="font-size: small;">panjang gelombang dan harga maksimum simpangan (amplitudo) gelombang stasioner adalah dua kali amplitudo gelombang yang menimbulkan inteferensi.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jarak antara simpul dengan perut yang terdekat adalah : </span> </div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sedangkan jarak antara dua perut yang berturutan adalah :</span></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"></div><div style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: medium;"><u><b>PERCOBAAN MELDE</b></u></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Percobaan Melde digunakan untuk menyelidiki cepat rambat gelombang transversal dalam dawai.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i>Perhatikan gambar di bawah ini.</i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Pada salah satu ujung tangkai garpu tala diikatkan erat-erat sehelai kawat halus lagi kuat. kawat halus tersebut ditumpu pada sebuah katrol dan ujung kawat diberi beban, misalnya sebesar g gram. Garpu tala digetarkan dengan elektromagnet secara terus menerus, hingga amplitudo yang ditimbulkan oleh garpu tala konstan.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Untuk menggetarkan ujung kawat A dapat pula dipakai alat vibrator. Setelah terbentuk pola gelombang stasioner dalam kawat dan jika diamati akan terlihat adanya simpul dan perut di antara simpul-silpul tersebut. Diantara simpul-simpul itu antara lain adalah A dan K yaitu ujung-ujung kawat tersebut, ujung A pada garpu tala dan simpul K pada bagian yang ditumpu oleh katrol. Pada seluruh panjang kawat AK = L dibuat terjadi 4 gelombang, maka kawat mempunyai </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;"> = </span><span style="font-size: small;">L. Apabila f adalah frekwensi getaran tersebut, maka cepat rambat gelombang dalam kawat adalah v</span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;"> = f . </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;"> = </span><span style="font-size: small;">f L</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi sekarang beban di tambah hingga menjadi 4g gram, maka pada seluruh panjang kawat ternyata hanya terjadi 2 gelombang, jadi : 2 </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;"> = L </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;"> =</span><span style="font-size: small;">L sehingga :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;"> = f . </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;"> = </span><span style="font-size: small;">f L</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Kemudian beban dijadikan 16g gram, maka pada seluruh panjang kawat hanya terjadi satu gelombang, jadi : </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">3</span></sub><span style="font-size: small;"> = L, maka v</span><sub><span style="font-size: small;">3</span></sub><span style="font-size: small;"> = f . </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">3</span></sub><span style="font-size: small;"> = f L</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Beban dijadikan 64g gram, maka pada seluruh panjang kawat hanya terjadi </span><span style="font-size: small;">gelombang, jadi : </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">4</span></sub><span style="font-size: small;"> = L </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">4</span></sub><span style="font-size: small;"> =2 L sehingga v</span><sub><span style="font-size: small;">4</span></sub><span style="font-size: small;"> = f . </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><sub><span style="font-size: small;">4</span></sub><span style="font-size: small;"> = 2f . L</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dari hasil pengamatan ini, maka timbul suatu anggapan atau dugaan, bahwa agaknya ada hubungan antara cepat rambat gelombang dengan berat beban, yang pada hakekatnya merupakan tegangan dalam kawat. data pengamatan tersebut di atas kita susun sebagai :</span></div><table border="0" cellpadding="7" cellspacing="0" style="width: 492px;"><colgroup><col width="148"></col> <col width="94"></col> <col width="100"></col> <col width="94"></col> </colgroup><tbody>
<tr valign="TOP"> <td width="148"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">Pengamatan I</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">F</span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;"> = g</span></div></td> <td width="100"><div align="JUSTIFY"><sub><span style="font-size: small;">1 </span></sub><span style="font-size: small;">= </span><span style="font-size: small;"> L</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">1 </span></sub><span style="font-size: small;">= </span><span style="font-size: small;">f . L</span></div></td> </tr>
<tr valign="TOP"> <td width="148"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">Pengamatan II</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">F</span><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;"> = 4 g</span></div></td> <td width="100"><div align="JUSTIFY"><sub><span style="font-size: small;">2 </span></sub><span style="font-size: small;">= </span><span style="font-size: small;"> L</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">2 </span></sub><span style="font-size: small;">= </span><span style="font-size: small;">f . L</span></div></td> </tr>
<tr valign="TOP"> <td width="148"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">Pengamatan III</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">F</span><sub><span style="font-size: small;">3</span></sub><span style="font-size: small;"> = 16 g</span></div></td> <td width="100"><div align="JUSTIFY"><sub><span style="font-size: small;">3 </span></sub><span style="font-size: small;">= L</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">3 </span></sub><span style="font-size: small;">= f . L</span></div></td> </tr>
<tr valign="TOP"> <td width="148"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">Pengamatan IV</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">F</span><sub><span style="font-size: small;">4</span></sub><span style="font-size: small;"> = 64 g</span></div></td> <td width="100"><div align="JUSTIFY"><sub><span style="font-size: small;">4 </span></sub><span style="font-size: small;">= 2 L</span></div></td> <td width="94"><div align="JUSTIFY"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">4 </span></sub><span style="font-size: small;">= 2 f . L</span></div></td> </tr>
</tbody></table><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Data di atas kita olah sebagai berikut :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"><span style="font-size: small;">, dan </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"><span style="font-size: small;">, dan </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"><span style="font-size: small;">, dan </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><u>KESIMPULAN 1.</u></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><u><b>Cepat rambat gelombang dalam tali, kawat, dawai berbanding senilai dengan akar gaya tegangan kawat, tali dawai tersebut.</b></u></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Percobaan di atas diulang kembali dengan bahan sama, panjang kawat tetap, beban sama (dimulai dari 16 g gram), hanya saja luas penampang kawat dibuat 4 kali lipat, maka dapat kita amati sebagai berikut :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;">’ = </span><span style="font-size: small;">L sehingga v</span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;">’= </span><span style="font-size: small;">.f L</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">3</span></sub><span style="font-size: small;"> = f .L (dari percobaan pertama, dengan menggunakan 16g gram) maka :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Percobaan diulangi lagi dengan beban tetap 16 g gram, akan tetapi kawat diganti dengan kawat yang berpenampang 16 kali lipat (dari bahan yang sama dan panjang tetap), maka dalam kawat terjadi 4 gelombang, sehingga :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;">’ = </span><span style="font-size: small;">L sehingga v</span><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;">’= </span><span style="font-size: small;">.f L sehingga : </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Apabila panjang kawat tetap dan dari bahan yang sama, sedangkan penampang diubah, maka berarti sama dengan mengubah massa kawat. Kalau massa kawat semula adalah m</span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;">, maka pada percobaan tersebut massa kawat berturut-turut diubah menjadi m</span><sub><span style="font-size: small;">2</span></sub><span style="font-size: small;"> = 4 m</span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">dan m</span><sub><span style="font-size: small;">3</span></sub><span style="font-size: small;"> = 16 m</span><sub><span style="font-size: small;">1</span></sub><span style="font-size: small;">. dari data percobaan kedua, setelah diolah sebagai berikut :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"><span style="font-size: small;">, dan </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 2.54cm;"><span style="font-size: small;">, dan </span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dari pengolahan data tersebut dapatlah disimpulkan :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><u>KESIMPULAN 2.</u></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><u><b>Cepat rambat gelombang berbanding balik nilai akar kuadrat massa kawat, asalkan panjangnya tetap.</b></u></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Percobaan selanjutnya diulangi lagi, akan tetapi diusahakan agar massa kawat antara simpul-simpul A dan K tetap, sedangkan panjang AK variabel. Ternyata cepat rambatnyapun berubah pula, meskipun beban tidak berubah, Kalau jarak AK menjadi </span><span style="font-size: small;">jarak semula yaitu = </span><span style="font-size: small;">L, maka cepat rambatnya menjadi </span><span style="font-size: small;">kali semula, sebaliknya jika panjang kawat AK dilipat empatkan dari AK semula, menjadi 4 L maka cepat rambatnya menjadi 2 kali cepat rambat semula, asalkan massa kawat tetap. Dari percobaan ketiga ini dapatlah disimpulkan.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><u>KESIMPULAN 3.</u></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><i><u><b>Untuk massa kawat yang tetap, maka cepat rambat gelombang berbanding senilai dengan akar kuadrat panjang kawat.</b></u></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Kesimpulan (2) dan (3) dapat disatukan menjadi :</span><span style="font-size: small;"><i><u><b> Cepat rambat gelombang dalam kawat berbanding terbalik nilai dengan akar massa persatuan panjang kawat.</b></u></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jika massa persatuan panjang kawat ini dimisalkan atau dilambangkan dengan, maka kesimpulan (1) sampai dengan (3) di atas dapat dirumuskan menjadi :</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">v = cepat rambat gelombang dalam kawat (tali, dawai)</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">F = gaya tegangan kawat</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"> <span style="font-size: small;">= massa persatuan panjang kawat</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">k = faktor pembanding, yang dalam SI harga k = 1.</span></div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Satuan : dalam SI : </span><span style="font-size: small;"> F = newton </span></div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: medium;"><u><b>EFFEK DOPPLER</b></u></span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Memang benar jika dikatakan, bahwa frekwensi bunyi sama dengan frekwensi sumbernya. Akan tetapi tidaklah selalu demikian antara frekwensi sumber bunyi dengan frekwensi bunyi yang kita dengar. Apabila antara sumber bunyi dan pendengar tidak ada gerakan relatif, maka frekwensi sumber bunyi dan frekwensi bunyi yang didengar oleh seseorang adalah sama. Akan tetapi jika antara sumber bunyi dan si pendengar ada gerak relatif, misalnya sumber bunyi bergerak mendekati si pendengar, atau si pendengar bergerak mendekati sumber bunyi, atau keduanya bergerak saling mendekati atau menjauhi, ternyata antara frekwensi sumber bunyi dan frekwensi bunyi yang didengar tidaklah sama. Suatu contoh misalnya ketika anda naik bis dan berpapasan dengan bis lain yang sedeang membunyikan klakson, maka akan terdengar suara yang lebih tinggi, berarti frekwensinya lebih besar dan sebaliknya ketika bis menjauhi anda, bunyi klakson terdengar lebih rendah, karena frekwensi bunyi yang didengar berkurang. Peristiwa ini dinamakan </span><span style="font-size: small;"><i><b>Effek Doppler.</b></i></span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jadi Effek Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekwensi bunyi yang diterima oleh pendengar (P) dari frekwensi suatu sumbner bunyi (S) apabila terjadi gerakan relatif antara P dan S.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Oleh Doppler dirumuskan sebagai :</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">f</span><sub><span style="font-size: small;">P </span></sub><span style="font-size: small;">adalah frekwensi yang didengar oleh pendengar.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">f</span><sub><span style="font-size: small;">S</span></sub><span style="font-size: small;"> adalah frekwensi yang dipancarkan oleh sumber bunyi.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">P</span></sub><span style="font-size: small;"> adalah kecepatan pendengar.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">v</span><sub><span style="font-size: small;">S</span></sub><span style="font-size: small;"> adalah kecepatan sumber bunyi.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.27cm;"><span style="font-size: small;">v adalah kecepatan bunyi di udara.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Tanda + untuk v</span><sub><span style="font-size: small;">P</span></sub><span style="font-size: small;"> dipakai bila pendengar bergerak mendekati sumber bunyi.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Tanda - untuk v</span><sub><span style="font-size: small;">P </span></sub><span style="font-size: small;">dipakai bila pendengar bergerak menjauhi sumber bunyi.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Tanda + untuk v</span><sub><span style="font-size: small;">S</span></sub><span style="font-size: small;"> dipakai bila sumber bunyi bergerak menjauhi pendengar.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Tanda - untuk v</span><sub><span style="font-size: small;">S</span></sub><span style="font-size: small;"> dipakai bila sumber bunyi bergerak mendekati penengar.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jika terdapat angin dengan kecepatan v</span><sub><span style="font-size: small;">a</span></sub><span style="font-size: small;"> dan menuju pendengar maka v menjadi (v+v</span><sub><span style="font-size: small;">a</span></sub><span style="font-size: small;">)</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><br />
</div><ol start="2"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Jika angin menjauhi pendengar maka v menjadi (v-v</span><sub><span style="font-size: small;">a</span></sub><span style="font-size: small;">)</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">-----o0o------</span></div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm; page-break-before: always;"><br />
</div><h1 class="western">CONTOH SOAL</h1><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Contoh 1.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Y = 10 sin (3t – 0,25 x) adalah suatu persamaan gelombang transversal, x dan y dalam cm. Carilah kecepatan gelombang tersebut.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Contoh 2.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Suatu gelombang transversal mempunyai persamaan :</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Y = 10 cos 0,25</span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><span style="font-size: small;">x sin 3t x dan y dalam cm</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Hitunglah kecepatan gelombang tersebut.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Contoh 3.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Suatu tali panjangnya 5 m, amplitudo 10 cm, ujung A digetarkan dan ujung B bebas, kecepatan getar A 4 m/s dan periodenya ½ detik. Titik C terletak 3 meter dari ujung A. carilah simpangan A dan simpangan C saat A telah bergetar :</span></div><ol><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">½ detik </span> </div></li>
<li> </li>
<li> </li>
<li> </li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Contoh 4.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah sumber bunyi dari 700 Hz bergerak dengan kecepatan 20 m/s menjauhi seorang pengamat yang diam. Berapa frekwensi yang di dengar oleh pengamat jika terdapat angin yang bergerak dengan kecepatan 10 m/s searah sumber bunyi dan kecepatan bunyi 340 m/s.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Contoh 5.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah pipa organa tertutup panjangnya 80 cm, ditiup dan menghasilkan nada atas kedua. Berapakah panjang pipa organa terbuka yang dapat menghasilkan nada atas pertama yang beresonansi dengan nada atas kedua pipa organa tertutup tersebut.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Contoh 6.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Suatu sumber bunyi memancarkan energi ke segala arah. Jika jarak sumber bunyi terhadap pendengar dibuat lebih jauh empat kali jarak semula. Berapakah berkurangnya taraf intensitasnya ?</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;"><u><b>TUGAS</b></u></span><span style="font-size: small;"><u><b> SOAL-SOAL</b></u></span></div><div align="CENTER" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Ditentukan persamaan gelombang y = 0,5 sin </span><span style="font-family: Symbol,serif;"><span style="font-size: small;"></span></span><span style="font-size: small;"> (0,25 x - 100 t) dimana t dalam detik, x dan y dalam cm, maka tentukanlah :</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm; text-indent: -0.64cm;"><span style="font-size: small;">Amplitudo, Frekwensi, Panjang gelombang, Periode gelombang dan Kecepatan rambat gelombang.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm; text-indent: -0.64cm;"><br />
</div><ol start="2"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Persamaan suatu gelombang di sebuah tali diberikan : y = 0,06 sin (8t - 5x) x dan y dalam meter ; t dalam detik Bila massa persatuan panjang tali = 0,01kg/m, tentukanlah :</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm; text-indent: -0.64cm;"><span style="font-size: small;">Frekwensi, Panjang gelombang, Kecepatan gelombang, Amplitudo dan Tegangan talinya.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm; text-indent: -0.64cm;"><br />
</div><ol start="3"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah dawai bergetar, simpangannya sebagai fungsi waktu adalah y = 2 sin 0,16x cos 750 t , x dan y dalam cm dan t dalam detik. Tentukanlah :</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">a. Amplitudo dan kecepatan masing-masing komponen penyusun getaran tersebut.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">b. Jarak antara simpul-simpul.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">c. Kecepatan partikel dalam dawai pada posisi x = 5 dan t = 2.10</span><sup><span style="font-size: small;">-3</span></sup><span style="font-size: small;"> detik.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><br />
</div><ol start="4"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">B adalah ujung terikat dari tali AB yang panjangnya 4 m. A digetarkan dengan amplitudo 3 cm dengan frekwensi 4 cps, sehingga pada tali terjadi gelombang transversal dengan cepat rambat 4 m/s. Titik P yang terletak 3</span><span style="font-size: small;">m dari A mempunyai simpangan berapa, jika titik A telah menggetar 2</span><span style="font-size: small;">detik.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="4"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Seutas tali yang panjangnya 12 m, meter. Tali direntangkan sedemikian sehingga ujung A bebas dan ujung B terikat. Titik C yang letaknya tepat di tengah-tengah tali digetarkan dengan periode </span><span style="font-size: small;">detik dan dengan amplitudo 25 cm, sehingga baik ke kiri maupun ke kanan terjadi gelombang transversal dengan cepat rambat 10 m/s. Jika C digetarkan selama 1 detik, maka tentukanlah :</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">a. Besar simpangan titik D dan E yang terletak </span><span style="font-size: small;">meter di sebelah kiri dan </span> </div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">kanan titik C.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">b. Amplitudo titik-titik tersebut.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><br />
</div><ol start="6"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sepotong kawat panjangnya 10 meter yang ujungnya bertambat erat, sedang ujung lain digetarkan terus menerus dengan amplitudo 4 cm dan periode 0,1 detik. Jika cepat rambat yang terjadi 20 m/s, tentukanlah simpangan titik P yang terletak pada kawat sejauah 4</span><span style="font-size: small;">meter dari titik pantul.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="6"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dawai yang massanya 0,2 gram dan panjangnya 80 cm, salah satu ujungnya diikatkan pada sebuah garpu tala yang memberikan frekwensi 250 HZ. Berapa tegangan tali yang harus diberikan agar tali dapat menggetar dengan empat perut gelombang.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="6"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Pada percobaan Melde digunakan garpu tala sebagai sumber getar. Frekwensi yang ditimbulkannya adalah 365 Hz. tali yang dihubungkan dengannya direntangkan dengan beban 96 gram. Apabila jarak antara dua simpul yang berturutan = 4 cm, maka tentukanlah :</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.11cm; text-indent: -0.48cm;"><span style="font-size: small;">a. Cepat rambat gelombang pada tali.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.11cm; text-indent: -0.48cm;"><span style="font-size: small;">b. Berapa tegangan yang harus diberikan agar jarak antara dua simpul yang berturutan menjadi 5 cm.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.11cm; text-indent: -0.48cm;"><span style="font-size: small;">c. Berat dari 1 cm tali tersebut, apabila g =980 cm/det</span><sup><span style="font-size: small;">2 </span></sup> </div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 1.11cm; text-indent: -0.48cm;"><br />
</div><ol start="9"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sepotong dawai tembaga dengan massa jenis 9.10</span><sup><span style="font-size: small;">3</span></sup><span style="font-size: small;"> kg/m</span><sup><span style="font-size: small;">3</span></sup><span style="font-size: small;"> yang panjangnya 2 meter dan berpenampang 10</span><sup><span style="font-size: small;">-6</span></sup><span style="font-size: small;"> m</span><sup><span style="font-size: small;">2</span></sup><span style="font-size: small;"> mendapat tegangan oleh suatu gaya sebesar 360 N. Jika dawai dipetik, berapa frekwensi nada atas keduanya.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="9"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah pipa organa terbuka menghasilkan nada atas kedua sebesar 1500 Hz. Bila cepat rambat suara di udara 340 m/s. Tentukanlah panjang pipa organa tersebut.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm; text-indent: -0.64cm;"><span style="font-size: small;">Bila dengan panjang pipa di atas dijadikan pipa organa tertutup berapakah frekwensi nada atas pertamanya.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm; text-indent: -0.64cm;"><br />
</div><ol start="9"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah pipa organa terbuka menghasilkan nada dasar dengan frekwensi 249 cps. Sebuah dawai yang panjangnya 54 cm dengan gaya tegangannya menghasilkan nada dasar dengan frekwensi 440 cps. Pipa organa dihembus lebih kuat sehingga dihasilkan nada atas pertamanya. dawai sekarang diperpendek menjadi 48 cm dengan gaya tegangan tetap. lalu dipetik bersama-sama dengan hembusan pipa organa tersebut. Berapa layangan yang terjadi.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="9"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sepotong dawai yang panjangnya 101 cm menghasilkan nada dasar yang menimbulkan layangan 2 Hz dengan nada dasar pipa organa tertutup yang panjang pipanya 42,5 cm. layangan hilang bila kawat dui potong 1 cm. Berapa panjang pipa organa harus diubah, agar tidak terjadi layangan, apabila dawai tidak dipotong.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="9"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah pipa organa terbuka menghasilkan nada dasarnya dengan frekwensi 170 Hz. Bila panjang pipa organa terbuka tersebut sama dengan panjang sebuah pipa organa tertutup, maka berapa frekwensi nada atas pertama yang dihasilkan oleh pipa organa tertutup ini, bila cepat rambat bunyi di udara 340 m/s.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="9"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah pipa organa tertutup panjangnya 50 cm dan sebuah dawai panjangnya 1 m, kedua dawai menghasilkan nada dasarnya, dan menyebabkan timbul 2 layangan per detik. nada dawai lebih tinggi. Kemudian dawai dipotong 66 cm dengan diberi tegangan tetap. nada yang dihasilkan dawai ini dengan nada atas pertama pipa organa membuat 4 layangan per detik, kini nada pipa organa yang lebih tinggi.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">a. Hitung frekwensi nada dasaar pipa organa dan nada dasar dawai sebelum dipotong.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><span style="font-size: small;">b. Hitung kelajuan rambat bunyi dalam udara dan dawai.</span></div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm; margin-left: 0.64cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah petasan diledakkan di suatu tempat. Pada jarak 2 meter dari pusat ledakan intensitasnya = 10</span><sup><span style="font-size: small;">-4 </span></sup><span style="font-size: small;">watt/m</span><sup><span style="font-size: small;">2</span></sup><span style="font-size: small;">. Tentukanlah daya ledakan dan intensitas bunyi pada jarak 20 meter dari pusat ledakan.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dalam suatu ruang periksa di Puskesmas ada seorang bayi menangis dengan taraf intensitas 80 dB. Bila dalam ruang tersebut terdapat 10 orang bayi yang menangis bersamaan dengan kekuatan sama, hitunglah taraf intensitasnya.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Hitung perbandingan intensitas dua sumber bunyi yang mempunyai perbedaan taraf intensitas = 8 dB.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Pada jarak 2 meter sumber ledakan mempunyai taraf intensitas 90 dB. Berapa taraf intensitas ledakan pada jarak 20 meter.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah kereta api bergerak dengan kecepatan 72 km/jam mendekati dan kemudian meninggalkan stasiun (tanpa berhenti di stasiun) dan dengan kelajuan tetap. jika peluit yang dibunyikan berfrekwensi 440 Hz dan cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka tentukanlah perbandingan frekwensi tertinggi dan terendah oleh seseorang di stasiun.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Sebuah garpu tala frekwensinya 400 Hz digerakkan menjauhi pendengar, dan mendekati dinding dengan kecepatan 2 m/s. Jika kecepatan bunyi di udara 340 m/s. Berapa pelayangan akan terdengar perdetik, jika bunyi dipantulkan oleh dinding dan dianggap tidak ada penyerapan.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Suatu bunyi dengan tingkat kebisingan 75 dB, sedangkan bunyi kedua dengan tingkat 72 dB, Berapakah tingkat kebisingan bila kedua suara tadi digabungkan.</span></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><ol start="15"><li><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><span style="font-size: small;">Dua gelombang bunyi intensitasnya masing-masing 10 dan 500 watt/cm</span><sup><span style="font-size: small;">2</span></sup><span style="font-size: small;">. Berapa perbedaan taraf inensitasnya dinyatakan dalam dB jika intensitas ambang 10</span><sup><span style="font-size: small;">-12</span></sup><span style="font-size: small;"> watt/m</span><sup><span style="font-size: small;">2</span></sup></div></li>
</ol><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
<br />
<br />
sumber : www.google.com<br />
<br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="margin-bottom: 0cm;"><br />
</div><div align="JUSTIFY" style="line-height: 125%; margin-bottom: 0cm;"><br />
</div>wydha septiahttp://www.blogger.com/profile/11969581266492444501noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8165590043627360240.post-67477138063664914612011-07-17T00:41:00.001-07:002011-09-06T02:51:40.122-07:00TIPS DAN TRIK CERDAS MATEMATIKADalam berbagai kesempatan saya sering ditanya baik oleh teman, siswa, sesama <span class="IL_AD" id="IL_AD4">guru</span>,maupun prktisi pendidikan yang lain, bagaimana sih bisa cerdas matematika? Pertanyaan seperti ini kerap kali terlontar oleh mereka-mereka yang merasa kesulitan dengan matematika. Biasanya saya jawab, matematika itu mudah dan sangat mudah, hanya <span class="IL_AD" id="IL_AD8">saja</span> memang butuh tips dan trik khusus untuk bisa lebih cerdas dalam matematika.<br />
<span id="more-13"></span>Berikut ini beberapa <span class="IL_AD" id="IL_AD2">trips</span> dan trik untuk cerdas matematika:<br />
1. Sering <span class="IL_AD" id="IL_AD6">baca</span> buku matematika<br />
Ini merupakan tips dan trik yang tidak bisa ditawar lagi, karena kuncinya untuk membuka matematika ada disini. <br />
2. Sering latihan soal.<br />
Orang tua kita sering bilang, kalau otak itu seperti pisau harus sering diasah. Sama juga dengan keterampilan matematika pun harus seling dilatih dengan mengerjkan soal-soal.<br />
3. Agresif<br />
Dalam permainan sepak bola ada istilah “pertahanan paling bagus adalah dengan menyerang (baca: agresif lawan defensif atau bertahan)”. Dalam mempelajari matematikapun kita harus agresif mencari sumber-sumber sendiri, jangan istilahnya nunggu disuapin gurunya terus.<br />
4. Kreatif.<br />
Imu pengetahuan pastinya semakin hari akan semakin berkembang terus dan tidak akan mungkin staknan/tetap, oleh karenanya belajar matematikapun tidak cukup baca buku, latihan soal terus menerus, namun dibutuhkan juga sesuatu yang berbeda. Sesekali mungkin, anda perlu membaca cerita-cerita unik masalah matematika maupun game-game seru matematika. Apa ada? Ya ada,anda nantinya bisa temukan banyak di web ini.<br />
5. Berdoa<br />
Ini memang bukan pelajaran agama!!!!!!! Tapi semua tentunya paham dan yakin kalau semua ilmu itu datangnya dari Allah SWT, maka sudah sepatutnyalah kita meminta ilmu itu dari Allah SWT. Seorang ahli filsafat besar seperti <span class="IL_AD" id="IL_AD5">aristoteles</span> saja yakin kalau di alam semesta ini ada kekuatan yang mengaturnya yaitu tuhan. Begitu juga ilmu matematika adalah salah satu dari ilmu-ilmu kepunyaan Allah SWT yang maha mengatur seluruh alam ini.<br />
Demikian tadi seklumit tips dan trik cerdas matematika, semoga bisa bermanfaat.<br />
<br />
sumber :www.google.comwydha septiahttp://www.blogger.com/profile/11969581266492444501noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8165590043627360240.post-3026683583978356242011-07-17T00:39:00.001-07:002011-10-08T18:53:09.769-07:00ASAL MULA ANGKA NOLTaukah kamu sejarah atau <span class="IL_AD" id="IL_AD4">asal</span> mula nagka nol ?Nol dahulu diartikan ketiadaan dari sesuatu,Konsep tentang bilangan Nol ini telah berkembang sejak zaman <span class="IL_AD" id="IL_AD7">babilonia</span> dan Yunani kuno. Hingga <span class="IL_AD" id="IL_AD6">abad</span> ke-7 seorang matematikawan <span class="IL_AD" id="IL_AD1">India</span> bernama Brahmagupta memeperkenalkan beberapa sifat Nol. Diantaranya adalah:<br />
<span id="more-125"></span><br />
<ol><li>Sebuah bilangan jika dikalikan Nol hasilnya akan menjadi NOl</li>
<li>Sebuah bilanagn jika dijumlahkan dengan NOl maka hasilnya akan tetap bilanagn itu sendiri.</li>
</ol>Aakan tetapi Bragmaputra ini mengalami kesulitan ketika bertemu dengan pembagian Nol. Contah berapakah hasil 6/0 ?. Beliau (Bragmaputra )memang kesulitan mendefinisikan hasilnya dan bahkan cenderung pada kesimpulam yang salah. Yaitu ketika mendefinisikan “sebuah bilangan yang dibagi Nol maka hasilnya adalah tetap bilangan itu sendiri”. Ini adalah kesimpulan yang teramat fatal kesalahanya dalam dunia ilmu matematika, karena harusnya hasilnya adalah tidak terdefinisi. Namun batapun itu teta[lah kiat harus mengapresiasi kegigihannya zaman dahulu dalam disiplin ilmu matematika.<br />
Maka setelah itu seorang matematikawan <span class="IL_AD" id="IL_AD2">muslim</span> bernama Al-khawarizmi meneliti perhitungan-perhitungan bangsa India yang dipelopori oleh Bragmaputra tersebut denagn menggambarkan system nilai tempat dari bilangan yang melibatkan bilangan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9. Penggunana Nol inilah yang dijadikan oleh al khawarizmi sebagi nilai tempat basisi 10.<br />
<br />
sumber:mynam@myaddress.comwydha septiahttp://www.blogger.com/profile/11969581266492444501noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8165590043627360240.post-32459567789688390412011-07-17T00:30:00.000-07:002011-10-08T18:53:52.290-07:00FAKTA MATEMATIKASesuatu yang biasanya dipikirkan oleh kebanyakan <span class="IL_AD" id="IL_AD1">orang</span> pertama kali ketika mendengar kata matematika adalah sulit, pusing atau bahkan boring (<span class="IL_AD" id="IL_AD2">baca</span>:bosan).Namun sebenarnya ada beberapa fakta tentang Matematika yang cukup menarik, unik dan langka atupun jarang ditemukan namun bisa mengobati kebosanan matematika.berikut beberapa fakta matematika:<br />
<span id="more-342"></span>1. Apabila anda ingin mendapatkan sebuah bilangan yang jika dikalikan dengan 9 hasilnya adalah semaunya angka 1 dan sebuah angka 0, maka anda kalikan saja dengan bilangan 123456789<br />
2. Apabila anda ingin mendapatkan sebuah bilangan yang jika dikalikan dengan 18 hasilnya adalah semuanya angka 2 dan sebuah angka 0, maka anda kalikan saja dengan bilangan 123456789<br />
3. Apabila anda ingin mendapatkan sebuah bilangan yang jika dikalikan dengan 27 hasilnya adalah semuanya angka 3 dan sebuah angka 0, maka anda kalikan saja dengan bilangan 123456789<br />
4. Apabila anda ingin mendapatkan sebuah bilangan yang jika dikalikan dengan 81 hasilnya adalah semuanya angka 9 dan sebuah angka 0, maka anda kalikan saja dengan bilangan 123456789<br />
pertanyaan:<br />
lalu berapa hasilnya kalau bilangan 123456789 dikalikan dengan 54?<br />
<br />
sumber:www.google.comwydha septiahttp://www.blogger.com/profile/11969581266492444501noreply@blogger.com0